Seberapa penting Table Manner? Seringkali kita mendengar tentang istilah table manner dan bertanya apakah table manner sepenting itu atau hanya sekedar cara makan yang sopan saja. Dari beberapa sumber mengatakan jika table manner ini sangat penting dikarenakan dengan mengaplikasikannya saat menghadiri sebuah jamuan, hal ini akan memberikan kesan yang baik kepada orang lain. Dengan kata lain kita menunjukkan etika makan yang sopan dan tentunya akan menciptakan citra yang baik dimata orang lain. 

Sebagai contoh, dalam dunia bisnis dimana harus membangun relasi dan hubungan baik dengan banyak pihak, maka table manner ini sangat penting untuk dilakukan untuk menunjukan bahwa kita adalah orang yang beretika bagus dan sopan dalam pergaulan. Dengan adanya impresi ini, maka tentu berdampak positif, yaitu orang lain akan menganggap bahwa kita adalah orang yang menjunjung tinggi etika dan kesopanan, dimana hal ini adalah sebuah dasar dari membangun koneksi dan meningkatkan peluang kerjasama yang bagus kedepannya. 

Apakah yang dimaksud dengan table manner? Table manner atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan etika meja, adalah sebuah rangkaian aturan serta norma yang mengatur perilaku yang pantas selama menikmati hindangan (makan) di meja. Etika yang dimaksudkan disini tentu mencakup beberapa aspek, misalnya menggunakan alat makan, perilaku atau attitude di meja selama jamuan berlangsung, bagaimana berinteraksi dengan orang lain yang juga menikmati jamuan tersebut serta termasuk didalamnya adalah menghormati tuan rumah (host).  Secara umum table manner mengacu kepada kumpulan aturan yang mengatur tata krama menikmati hidangan dan minuman di meja. Aturan-aturan ini akan sangat membantu dalam menjaga suasana yang menyenangkan selama makan dan minum bersama dan memastikan bahwa semua orang yang menghadiri jamuan tersebut merasa nyaman. 

Dalam prakteknya, table manner ini juga mencakup tentang penggunaan alat makan yang benar, cara mengunyah makanan dan hidangan, meminum sajian minuman yang ada serta memperhatikan sikap dan tingkah laku saat bersantap. Tingkah laku pada pengertian ini termasuk perilaku yang sopan selama di meja makan, misalnya sikap duduk yang baik, tidak membicarakan hal-hal yang tidak pantas selama jamuan berlangsung, mengunyah makanan dengan mulut tertutup, serta menjaga kebersihan dan kerapihan meja makan. 

Kampus Akademi Pariwisata Yogyakarta tentunya menghadirkan program ini kepada para mahasiswa setiap tahunnya. Pada tahun ini program table manner diselenggarakan di Abadi Malioboro Hotel Yogyakarta yang diikuti oleh para mahasiswa semester II dan didampingi oleh Andry Ardiyanto, S.Tr. Par selaku dosen pembimbing. 

Selama program berlangsung, mahasiswa dikenalkan dan dibimbing tentang berbagai hal yang terkait table manner dengan arahan langsung dari para staff dari Abadi Malioboro Hotel. Hal ini tentunya  sebagai upaya untuk memastikan mahasiswa sudah mempunyai pengetahuan dan mempraktekkan langsung table manner dengan baik dan benar sebagai bekal nanti dalam pergaulan dan menjalin relasi secara professional kedepannya.