Akpar Jogja Bekerjasama dengan  Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre ( SEAMOLEC) laksanakan pelatihan pengembangan media Virtual Reality (VR) pada tanggal 6 - 8 Desember 2023. Virtual reality adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi.

Dalam era digital yang terus berkembang pesat seperti saat ini, Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu terobosan yang luar biasa. Pelatihan VR ini dipandu oleh tim dari SEAMOLEC yaitu Timbul Pardede, Aji Wicaksono dan Yoanda Adana.

VR training membawa pengguna ke dalam lingkungan simulasi virtual dan memberikan pengalaman belajar yang interaktif. VR training adalah simulasi digital dari skenario nyata yang bertujuan untuk pelatihan. Peserta memasuki lingkungan 360° dan mengalami suasana yang mengaburkan batas antara realitas virtual dan nyata.

 

Penggunaan media VR memiliki beberapa Manfaat. Bagi dosen/tenaga pendidik, kegiatan ini sebagai bahan referensi untuk meningkatkan mutu pembelajaran, dan menambah inventaris media pembelajaran yang menarik. Bagi mahasiswa, dapat  meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar lebih lanjut, memberikan wawasan tentang teknologi VR yang dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran, dan memberikan alternatif sumber belajar melalui media pembelajaran berbasis VR yang dikemas lebih menarik dan mudah dipahami.