Berita membanggakan kali ini kembali datang dari cooking competition yang diikuti oleh para mahasiswa Akademi Pariwisata Yogyakarta dalam event ACTION 2024 yang diselenggarakan oleh kampus STP - AMPTA Yogyakarta. Pada kompetisi kali ini dua mahasiswa kami, Ari Andri Putra Kaban (semester 4) dan Aldi Prabowo (semester 2) menjadi yang terbaik dengan merebut Juara 1 pada kategori cooking competition. Ari dan Aldi memasak dan menyajikan Nasi Kari, Tuna Gulai Bumbu Arsik, Urab Sayur dan Sambel Emba yang mampu menghantarkan mereka menjadi juara. 


Kompetisi yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 Februari 2024 ini merupakan bagian dari event ACTION 2024. Event ini berskala nasional dan dilaksanakan di kampus STP - AMPTA YOGYAKARTA. Tahun ini panitia mengangkat tema “Nusantara Cuisine Inovation” dan memperlombakan dua skill, yaitu cooking dan dessert plating. Menurut panitia, kompetisi ini menekankan kepada peserta untuk mengkreasikan masakan nasional serta menata masakannya agar terlihat mewah, lezat dan semenarik mungkin untuk dinilai dewan juri yang terdiri dari para chef professional. 
Setelah melalui proses penjurian yang ketat, maka para juri memutuskan masakan kreasi Ari Andrie dan Aldi Prabowo dari Akademi Pariwisata Yogyakarta berhak mendapatkan skor tertinggi dan menjadi Juara 1 untuk kategori kompetisi memasak (cooking competition). Sementara itu pada kategori dessert plating yang diikuti Tania, Nurmalita Diva, Dina Dwi Melati, dan Dwi Eka, kesemuanya mahasiswa semester 2 Akademi Pariwisata Yogyakarta, mereka belum mendapatkan hasil yang maksimal. Namun demikian, para peserta telah melakukan yang terbaik untuk mewakili kampus Akademi Pariwisata Yogyakarta dan tentunya layak untuk mendapatkan apresiasi. 
Berikut ini adalah hasil lengkap dari perlombaan ACTION 2024:
Cooking Competition:
Juara 1: Ari Andrie P.Kaban & Aldi Prabowo (Akademi Pariwisata Yogyakarta)
Juara 2: Universitas Negeri Yogyakarta
Juara 3: STIPARY

Dessert Plating:
Juara 1: STIPRAM
Juara 2: Universitas Negeri Yogyakarta
Juara 3: SMK Budi Mulia
Selamat kepada para pemenang dan peserta yang telah mewakili Akademi Pariwisata Yogyakarta pada ACTION 2024. Semoga prestasi membanggakan ini menjadi motivasi untuk tetap menjadi yang terbaik dan sekaligus menjadi inspirasi bagi para mahasiswa lain untuk bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dimasa depan.