Dalam rangka PKKMB 2023, Akademi Pariwisata Yogyakarta mengadakan program Orientasi Profesi bagi mahasiswa baru T.A 2023/2024 di kampus Akademi Pariwisata Yogyakarta pada hari Kamis, 21 September 2023. Program ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan kehidupan kampus dimana didalamnya terdapat berbagai informasi terkait pengenalan Program Studi, Pengembangan Karakter Mahasiswa, Penggunaan Teknologi di Era Society 5.0, Sistem Perkuliahan, Sistem Informasi Akademik, Sistem Administrasi & Pembayaran Perkuliahan, Kemahasiswaan dan UKM, Tur Kampus & Laboratorium serta Sosialiasasi Satgas PPKS. Materi-materi tersebut disampaikan secara terpisah oleh Direktur Akademi Pariwisata Yogyakarta (Drs. Ardi Surwiyanta, MM), Ketua Program Studi D3 Perhotelan (Heni Widyaningsih, S.Pd, M.M), Dosen (Nur Aulia Wijayanti, M.Pd), Kepala Bagian Administrasi (Fendy Widyatmaka, S.Par), Kepala Laboratorium (Lutfi Hendriyati, S.E, MM) dan Bagian Kemahasiswaan (Sigit Prasetyo, S.S, M.Pd).

Acara yang dimulai jam 08.000 pagi sampai dengan jam 16.00 sore ini juga semakin menarik dengan hadirnya dua alumni yang sukser berkarir pada industri perhotelan, yaitu Maya (FO Manager Lynn Hotel Yogyakarta) dan Nida (Marketing Manager Prime Malioboro). Para alumni tersebut memberikan penguatan kepada peserta Orientasi Profesi tentang Link and Match antara dunia pendidikan dan dunia industri, khususnya industri perhotelan saat ini. Sesi ini juga dibersamai oleh Bapak T.Prasetyo Hadi Atmoko, S.E, M.M selaku Dosen dan Konsultan Hotel Cavinton Yogyakarta. Dengan adanya sesi ini diharapkan para mahasiswa baru semakin terinspirasi dan memahami tentang output perkuliahan di Akademi Pariwisata Yogyakarta. 

Orientasi Profesi 2023 diakhiri dengan sosialiasi acara Malam Keakraban yang dipandu oleh Senat & mahasiswa Akademi Pariwisata Yogyakarta. Mereka dengan penuh semangat membersamai acara ini dari awal sampai dengan penutupan dengan mendampingi mahasiswa baru selama acara berlangsung, memberikan informasi terkait perkuliahan yang diperlukan, mendampingi saat tur kampus dan laboratorium serta memandu persiapan malam keakraban yang akan dilakukan tanggal 23 s.d 24 September 2023 keesokan harinya. 
Selamat datang dan bergabung di kampus Akademi Pariwisata Yogyakarta, teman-teman mahasiswa baru T.A 2023.2024. Sukses selalu.