Tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Pasal 20 Ayat 2). Pendidikan, Penelitian, dan pengabdian masyarakat itulah yang kita sebut sebagai tri dharma. Itu artinya setiap perguruan tinggi yang didalamnya mencakup dosen, mahasiswa dan yang berperan aktif didalamnya memiliki kewajiban untuk dapat menjalankan tridharma tersebut.

 Tri Dharma  merupakan dasar pola pikir dan menjadi kewajiban bagi mahasiswa sebagai kaum intelektual di negara ini. Dari pendidikan mahasiwa belajar untuk menyerap ilmu yang berguna. Sesudah memiliki ilmu, kemudian dalam sebuah penelitian diharapkan mahasiswa akan mampu untuk menemukan pemecahan dari masalah yang ada dalam masyarakat dan dari pengabdian masyarakat mahasiswa diharapkan dapat memberikan manfaat yang menyeluruh untuk kepentingan yang lebih luas.

Selain mahasiswa, dosen dan lembaga pun memiliki kewajiban yang sama dalam mengemban amanah untuk menjalankan tridharma.

Akademi Pariwisata Yogyakarta sendiri dalam kiprahnya di dunia pendidikan tidak lepas dalam menjalankan tridharma, salah satunya adalah program pengabdian masyarakat di dusun sendang sari minggir beberapa waktu silam. Di tempat tersebut  dari dosen dan karyawan beserta mahasiswa turut membantu untuk mengajarkan masyarakat untuk membuat kue kering. Di situ fungsi dari tridharma berjalan sehingga masyarakat luas juga mendapatkan ilmu dan manfaat dari adanya perguruan tinggi.

Bila kamu saat ini adalah mahasiswa yang sedang menuntut ilmu, jangan lupakan tentang tridharma ini. Selain kamu diharuskan untuk memuntut ilmu, jangan lupa untuk menyebarkanya untuk kepentingan yang lebih luas sehingga nantinya akan banyak masyarakat yang mengerti dan memiliki daya guna lebih untuk bangsa dan negara ini.